Thursday, January 05, 2006

Dari hati ke hati

Ada sebuah buku yang aku lupa judulnya, berisi bagaimana menyentuh hati orang untuk berbuat kebaikan dengan hati. Sesuatu yang diucapkan/dilakukan dengan perasaan hati insya allah akan menyentuh hati. Ini yang sering dibilang dengan sesuatu yang punya ruh, punya jiwa, punya rasa.

Pernahkah menjadi makmum sholat dari seorang imam yang bacaannya subhanallah merdu namun jiwa tak hanyut sebaliknya imam dengan bacaan yang biasa saja namun punya jiwa yang bisa membuat mata berkaca-kaca meski tak tahu arti bacaannya ? Lepas dari kondisi kesiapan si makmum untuk beribadah, secara umum sesuatu yang berjiwa itu menggetarkan.

Contoh lain adalah soal bernyanyi. Sungguh berbeda pengalaman yang didapat jika lagu2 cinta dinyanyikan anak SD dengan anak SMA yang tengah kasmaran. Bagaimana dengan ceramah ? sama saja. Suatu masa pernah seorang hafidhah memberi materi tentang ulumul quran. Ia orang yang sangat bersahaja baik dalam tutur kata maupun penampilan. Materinya sebenarnya sederhana. Aku sudah hafal rasanya. Tapi entahlah.......kata-katanya meluncur lembut menembus hati. Dan aku takluk. Materi yang sederhana dengan kata-kata biasa namun punya daya tembak yang luar biasa.

Masalah hati, inilah yang harus dipelajari buat diri pribadi.Jangan-jangan anak-anak masa depan yang tengah belajar mengalami kesulitan karena sang guru yang kurang punya hati. Al Ghazali pernah mengungkapkan soal adab belajar dan mengajar, ada hak dan kewajiban yang mesti ditunaikan agar ilmu itu mengalir deras. Salah satunya bahwa guru mesti dalam keikhlasan untuk menyampaikan kebenaran. Inilah bahan introspeksi harian, adakah aku kurang punya jiwa sehingga anak-anak itu tidak menunjukkan perkembangan yang berarti ?


(maafkan tante gurumu )

3 Comments:

Blogger Lili said...

Ass wr wb, Khaifa halakum Alia dan Kang Deni?
Kemarin Ummu Fawwaz mampir ke Aussie, tapi gak sempat kekotamu.

10:21 AM  
Blogger zuki said...

Terpana membacanya ...

Bicaralah dengan hatimu ...

4:40 PM  
Blogger zuki said...

Terpana membacanya ...

Bicaralah dengan hatimu ...

4:44 PM  

Post a Comment

<< Home