Monday, September 12, 2005

Sport for sister

Aku suka tergoda kalau lihat air bersih dan tenang. Kayaknya ingin langsung nyemplung. Terilhami cerita lima sekawan yang naik sepeda melewati sungai dan kemudian nyemplung berenang dan berandai-andai jika sungai dan pantai di Melbourne bersih dan tidak banyak orang berlalu lalang , aku merasakan tarikan bahwa aku akan berenang di Melbourne. Jadilah baju renangku aku bawa.

Alhamdulillah , mimpi itu jadi nyata. Berenang , sebuah hobby yang di Indonesia sulit aku lakukan karena minimnya fasilitas renang khusus muslimah, ternyata jadi sebuah kenikmatan di Melbourne. Reservoir Leisure Centre, di daerah reservoir memiliki jam khusus sister (muslimah) tiap ahad malam jam 6 sampai jam delapan. Cukup dengan uang masuk 3 dollar (seharga fresh milk 2 lt, atau indomie 6 bungkus di melbourne, atau tiket tram dua jam), kita bisa memakai fasilitas 3 kolam air hangat dan sauna lengkap dengan safety officer dalam ruangan tertutup (in door). Waduuuh........enak sekali. Tidak terbayang sebelumnya kalau disni, di negeri yang minim muslimahnya aku malah bisa renang sepuasnya. Di Indonesia dulu, khusunya di depok, paling-paling aku berenang di Tugu Asri, itupun jika kebetulan hari Jumat atau selasa aku libur atau terpaksa ambil cuti karena hanya di hari-hari tersebut ada sesi wanita. Namun dengan kondisi yang pas-pasan seperti kamar mandi yang tak beres dan kadang2 khawatir terlihat dari rumah-rumah tingkat di sekitar kolam renang outdoor itu.

Kok bisa ya, muslimah dapat akses seperti ini ? Di sini tiap orang punya hak untuk berolah raga dan memakai fasilitas umum. Tiap kumpulan seperti muslim, gay&lesbi (Queer) dan lainnya boleh saja mengajukan proposal untuk membuat spesial hours. Namun ada minimum peserta yang harus dipenuhi.

Beberapa pekan ini sisters yang mengorganisir sesi muslimah di brunswick bath yang baru dimulai 2 bulan lalu, sedang men-encourage calon peserta untuk bergabung dengan mereka. Beberapa pekan terakhir peserta menyusut mendekati minimum 40 peserta. Jika sampai di bawah jumlah tersebut bisa2 sesi tersebut akan dihapuskan. Rugi kan ?

Rencananya mulai pekan depan aku akan bergabung di Brusnwick Bath karena lokasinya yang lebih dekat dan sister yang bawa mobil untuk aku tumpangi sudah join di sini. Meskipun agak berat karena di sini, sesi muslimah dimulai dari jam sembilan sampai sepuluh malam.

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Pas browsing di internet, sy nemuin situs ini.
Dimana ya Depoknya itu? Sy bener2 butuh info tempat renang khusus muslimah niy..

Makasih banyak ya sebelumnya :)

Jazakillahu khoiro :-)

2:26 PM  

Post a Comment

<< Home