Friday, July 22, 2005

Volunteer

Senin 18 Juli 2005, aku memulai tugas di Kelvin Thompson Electorate House Coburg Victoria sebagai Tax Volunteer. Dengan perkiraan hanya 3 klien dari jam 10 pagi, ternyata hari ini aku full booked dengan 6 klien sampai jam 2 siang. Apa sih tax volunteer itu ?
Tax Volunteer adalah program yang dilaksanakan oleh kantor pajak australia (ATO) untuk membantu wajib pajak pribadi berpenghasilan rendah (low income earner). Gratis tanpa biaya. Para wajib pajak tsb cukup datang ke Tax volunteer yang ditempatkan di Tax Help Centre di tiap suburb. Volunteer ini akan membantu mengisikan SPT tahunan mereka baik secara manual maupun online.
Untuk jadi tax volunteer gampang2 susah. Cukup kirim permohonan. Apabila volunteer masih dibutuhkan, ATO akan mengontak dan segera memberikan training 3 hari. Calon volunteer harus mengikuti ujian akreditasi untuk memperoleh sertifikasi layak diterjunkan sebagai volunteer (minimal nilai ujiannya 90). Setelah lulus,tiap volunteer akan diminta kesediaannya meluangkan waktu minimal 4 jam sepekan dari bulan juli sampai oktober untuk bertugas di tax help center.
Oh ya, jadi volunteer bukan berarti dapat dollar banyak lho. Tugas ini sebagaimana namanya adalah tugas non profit. Ikhlas lillahi ta'ala. Filosofinya adalah gives contribution to your community.
Tapi walaupun nggak dibayar, seorang volunteer tidaklah bekerja sembarangan, mereka punya kode etik, salah satunya adalah, not allowed to receive anything that related to client and should keep all matters in confidential. Kalau kata Danniele (CSM Managerku), walaupun tanda terima kasih itu hanya sebungkus coklat, tetap tidak diperkenankan untuk diterima.
Klien pekan ini kebanyakan aki-aki dan nini nini dengan latar belakang budaya yang berbeda2. Ada yang punya background italiano ada juga yang dari Malta. Kayaknya sih besok2 bakal banyak yang dari yunani dan arab. Hal ini karena Coburg adalah daerah penduduk negeri2 tersebut.
Bicara soal volunteer, di australia banyak sekali diselenggarakan program voluntary, seperti volunteer di Royal Children Hospital (buat membantu para pasien, buat menghibur pasien, buat nengokin pasien) dan di Assylum Seeker (buat membantu pencari suaka dan para refugees). Peminat kegiatan ini pun banyak sekali. alasannya bermacam2. Sepasang kake nene di Royal Children Hospital yang aku temui waktu excursion bilang mereka ingin memberikan sesuatu buat masyarakat. Apalagi setelah mereka punya banyak waktu luang semasa purnatugas.Mereka menemukan kebahagiaan tersendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka yang ditimpa musibah. Ada juga memanfaatkan volunteer sebagai tempat mencari pengalaman kerja. Sebagian penyelenggara voluntary work memberikan sertifikasi di akhir masa tugas yang bisa dipakai sebagai referensi untuk mendapatkan pekerjaan sejenis dengan bayaran. Lagi2 menurut Danniele, banyak orang yang sulit mencari kerja setelah menjadi tax volunteer mendapatkan kemudahan bekerja. Asyik kan........
Alia sendiri, buat apa jadi volunteer ?

2 Comments:

Blogger Lili said...

Assalamualaikum.
Duh ternyata Neng Alia yang ini, dari email addressnya memang familiar, tapi ternyata Ummi salah kirim pesan. Afwan yah.

Sampai lupa menanyakan kabar? Alhamdulillah Alia udah tinggal di sana dari sejak kapan?

Duh asyiknya bisa nyobain tinggal di negara orang.

BTW, Kang Deni baik jg kan? Gimana keadaan muslim di sana semenjak peristiwa bom London?

Mudah2an di Aussiee gak terlalu keras yah pemeriksaan terhadap org muslim.

Ummi senang sekali akhirnya kita kontakkan lagi dan bisa liat day to day habit di blog ini. Subhanallah yah teknologi sekarang ini.

Udah liat artikel ttg mbak Nila yg ditulis Ummi? coba deh liat.

Insya Allah aku link yah blognya dan mampir sesering mungkin.

Salam utk Kang Deni, semoga study-nya lancar dan jg utk your new work. Biarpun sukarela, pengalaman bekerja di LN bisa jadi resume yg bagus sekali nanti jika sudah pulang ke jakarta.

7:38 PM  
Blogger zuki said...

aduh Lili ketemunya di sini lagi. Alia itu tetangga di kantor dan di rumah lho ... :-)

10:39 PM  

Post a Comment

<< Home