Thursday, June 16, 2005

The Apprentice


Hari ini aku untuk pertama kalinya jadi salesgirl di Victoria Market di sebuah toko yang menyediakan aneka motif kaos untuk konsumsi turis. Yah semacam kaos,fleece, jacket yang bertulisan Melbourne, Australia, Born to be Wild atau yang bergambar kangguru, emu, australia Emblem dan Koala. Rencananya pekerjaan ini bakal jadi part time work selama di Melbourne. Lumayan lah buat menambah pengalaman, uang saku dan jadi hiburan.

Kali pertama selalu sulit. Malam sebelumnya pikiranku banyak diwarnai dengan kekhawatiran bisa atau tidak menjalankan profesi kasual ini. Selain karena pekerjaan ini nggak biasa buat aku yang selama ini terbiasa nongkrong di depan komputer sambil melakukan analisa. Jadi salesgirl yang bertanggung jawab penuh dengan toko bukan hal yang mudah untuk kali pertama. Apalagi di toko dengan harga barang yang bisa ditawar. Apalagi dalam satu area ini ada 4 toko sejenis. Kebayangkan mesti bisa jual barang dengan harga kompetitif dan bisa buat pelanggan mampir ke toko dan kembali lagi dengan membawa pembeli baru. Hm......Mulanya sih nggak yakin, tapi setelah dengar dukungan penuh suami yang mengibaratkan diriku ikut the apprentice-nya Donald Trump, optimisme sesaat menggunung. Apalagi dengan harapan jadi pengalaman berharga kalau-kalau produksi Kaos Mucil milik kami berdua bisa diterus kan.

Bismillahirrahmanirrahim, dengan semangat 45 di dinginnya pagi jam setengah delapan di hari dengan weather forecast maximum 14 derajat, aku berangkat tugas. Pertama dateng, bantu2 suamiku yang belum kelar dengan tugasnya membuka toko. Kemudian dapat pengarahan sejenak dari Bos Robert soal floor price dari produk yang kami jual plus menerima tas pinggang yang isinya modal duit hari ini. And the show goes on.......

Satu persatu pembeli datang. Namanya juga pasar yang jadi pusat turisme, pembeli yang benar2 beli dan cuma tanya2 harga berasal dari berbagai bangsa. Kebanyakan pembeli hari ini adalah orang malay tetangga serumpun. Ada juga aki-nini Spanyol yang menyapaku dengan senora. What a busy day.......I can not even sit on my plastick box for more than 5 minutes. Capek ternyata jualan ya......mesti tetep manis meski pengunjung hanya bolak-balik kaos dan memberantakan susunan , dan mesti berhati-hati jangan sampai barang dicuri. Bener cape ! mending bikin laporan keuangan deh, mesti harus lembur sampai malam. :)

Jam dua akhirnya tugas kelar, dan buat seorang pemagang, lumayan juga dapat 11oo dollar. Good start. hehehe

Setelah itu, bantu-bantu KD buat nutup toko lagi. Kasihan , besok dia ujian.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home